Rabu, 07 September 2011

Cara Menggunakan Cool Edit Pro

Semoga petunjuk yang saya tulis dapat berguna bagi teman-teman yang ingin melakukan home recording. Berikut adalah cara-cara atau tips menggunakan aplikasi cool edit pro. Mulai dari awal hingga terselesaikannya sebuah lagu.
1.Download Aplikasi Cool Edit Pro 2.1 di situs-situs terkait. Cukup searching di google maka anda dengan mudah mendapatkan aplikasi tersebut.
2.Install aplikasi Cool Edit Pro ke PC/Komputer anda.
3.Siapkan microphone atau alat musik lainnya untuk di inputkan. Semakin tinggi kualitas kapasitas komputer maka semakin tinggi pula kualitas suara yang dihasilkan.
4.Setelah terinstall, masuk ke Aplikasinya. Anda akan mendapat tampilan seperti ini
5.Terlihat bagian track 1, 2, 3, dst. Track ini berfungsi untuk merekam satu per satu musik yang dimainkan. Seperti Gitar, Drum, Bass, Hingga Vokal


6.Jika ingin mengaktifkan track 1. Misalnya untuk merekam gitar/drum. Aktifkan kotak [R] pada track 1.


7.Klik tombol merah (tombol rec.) pada bagian kiri bawah untuk mengaktifkan

8.Rekaman telah aktif dan tekan tombol merah kembali jika sudah selesai merekam bagian track 1

9.Jangan lupa menonaktifkan kotak [R] pada track 1


10.Begitu juga seterusnya dengan track 2, 3, 4, dst. Hingga terselesaikannya beberapa instrumen atau sebuah lagu. Gunakan headphone yang sekaligus memiliki microphone agar mudah menyesuaikan rekaman antara musik dan vokal

11.Untuk memberi efek suara tekan tombol [FX] pada masing-masing track. Pilih dan aktifkan efek sesuai selera.

12.Setelah semuanya selesai klik menu File + Save Mixdown As… Untuk memilih format (misal mp3, WAV), klik pada bagian Save as type + pilih format yang diinginkan. Klik Save.
13.Dengan demikian anda telah berhasil membuat sebuah lagu / instrumen musik dengan mudah. Silahkan mencoba.
Ctt : Petunjuk ini hanya menerangkan secara umum. Silahkan mengembangkan kreatifitas anda pada cool edit pro karena masih sangat banyak bagian yang tidak diterangkan pada petunjuk ini. Untuk menghasilkan kualitas rekaman yang baik. Terkadang perlu di ulang-ulang. Mungkin inilah yang menyebabkan memakan waktu sedikit lebih lama. Tetapi demi menghasilkan rekaman yang baik  tentu tidak menjadi masalah.

1 komentar:

Wina Chintia mengatakan...

kalau caranya memotong lagu kemudian disambung dengan lagu lain bagaimana?